Asuransi Allianz Bank Dan Lembaga keuangan

kero_016

Asuransi Secara Umum

Kata asuransi ini dalam bahasa inggris disebut Insurance dan dalam bahasa prancis disebut Assurance. Sedangkan dalam bahasa arab disebut at-Ta’mien. Asuransi ini didefinisikan dalam kamus umum bahasa Indonesia sebagai perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu akan membayar uang kepada pihak yang lain, bila terjadi kecelakaan dan sebagainya, sedang pihak yang lain itu akan membayar iuran. [1]

Demikian juga telah didefinisikan dalam perundang-undangan negara Indonesia sebagai perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. [2]

Sedangkan sebagian ulama syari’at dan ahli fikih memberikan definisi yang beragam, diantaranya:

1. Pendapat pertama, asuransi adalah perjanjian jaminan dari fihak pemberi jaminan (yaitu perusahaan asuransi) untuk memberi sejumlah harta atau upah secara rutin atau ganti barang yang lain, kepada fihak yang diberi jaminan (yaitu nasabah asuransi), pada waktu terjadi musibah atau kepastian bahaya, yang dijelaskan dengan perjanjian, hal itu sebagai ganti angsuran atau pembayaran yang diberikan oleh nasabah kepada perusahaan. [3]

2. Pendapat kedua, asuransi adalah perjanjian yang mengikat diri penanggung sesuai tuntutan perjanjian untuk membayar kepada pihak tertanggung atau nasabah yang memberikan syarat tanggungan untuk kemaslahatannya sejumlah uang atau upah rutin atau ganti harta lainnya pada waktu terjadinya musibah atau terwujudnya resiko yang telah dijelaskan dalam perjanjian. Hal tersebut diberikan sebagai ganti angsuran atau pembayaran yang diberikan tertanggung kepada penanggung (pihak asuransi). [4]

3. Pendapat ketiga, asuransi adalah pengikatan diri pihak pertama kepada pihak kedua dengan memberikan ganti berupa uang yang diserahkan kepada pihak kedua atau orang yang ditunjuknya ketika terjadi resiko kerugian yang telah dijelaskan dalam akad. Itu sebagai imbalan dari yang diserahkan pihak kedua berupa sejumlah uang tertentu dalam bentuk angsuran atau yang lainnya. [5]

Dari definisi yang beraneka ragam tersebut terdapat kata sepakat dalam beberapa hal berikut ini:

  • Adanya ijab dan qabul dari pihak penanggung (al-Mu’ammin) dan tertanggung (al-Mu’ammin Lahu).
  • Adanya obyek yang menjadi arahan asuransi.
  • Tertanggung menyerahkan kepada penanggung (pengelola asuransi) sejumlah uang baik dengan tunai atau angsuran sesuai kesepakatan kedua belah pihak, yang dinamakan premi.
  • Penanggung memberikan ganti kerugian kepada tertanggung apabila terjadi kerusakan seluruhnya atau sebagiannya. Inilah asuransi yang umumnya berlaku dan ini dinamakan asuransi konvensional (al-Ta’mien al-Tijaari) yang dilarang mayoritas ulama dan peneliti masalah kontemporer dewasa ini. Juga menjadi ketetapan majlis Hai’ah kibar Ulama (majlis ulama besar Saudi Arabia) no. 55 tanggal 4/4/1397 H dan ketetapan no 9 dari Majlis Majma’ al-Fiqh dibawah Munazhomah al-Mu’tamar al-Islami (OKI). [6]

Demikian juga diharamkan dalam keputusan al-Mu’tamar al-’Alami al-Awal lil Iqtishad al-Islami di Makkah tahun 1396H. [7]

Kemudian para ulama memberikan solusi dalam masalah ini dengan merumuskan satu jenis asuransi syari’at yang didasarkan kepada akad tabarru’at [8] yang dinamakan at-Ta’mien at-Ta’awuni (asuransi ta’awun) atau at-Ta’mien at-Tabaaduli.

Beberapa keuntungan yang kita peroleh dari jasa auransi secara umum :

  1. Memindahkan Resiko seseorang ataupun perusahaan dapat memindahkan resiko kepada perusahaan asuransi dengan membayar premi yang relatif kecil bila dibandingkan kerugian yang mungkin terjadi.
  2. Praktis kita secara otomatis akan diwajibkan menyisihkan dana untuk membayar premi, hal ini sangat menguntungkan terutama untuk mereka yang kurang disiplin.
  3. Mampu memberikan dana dengan segera Misalkan kita sakit dan perlu biaya berobat yang cukup besar, dan saat itu kita tidak memiliki uang tunai yang cukup. Kita tidak perlu khawatir kalau memiliki asuransi kesehatan. Hal ini dikarenakan, sebagian atau seluruh biaya pengobatan akan dibayar oleh perusahaan asuransi Anda. Tentunya ini tergantung perjanjian yang tertera dalam polis asuransinya.
  4. Dapat berfungsi sebagai tabungan Manfaat ini biasanya ada pada asuransi jiwa seumur hidup. Sederhananya, premi yang Anda bayarkan akan kita terima kembali kalau-kalau kita membatalkan polis atau asuransi sudah jatuh tempo.
  5. Bisa dikombinasikan dengan investasi Saat ini ada produk gabungan antara asuransi dan reksadana yang terkenal dengan nama unit link. Singkatnya, dengan pada produk unit link, sebagian premi yang kita bayarkan akan dialokasikan untuk investasi, dan sebagian lagi untuk asuransi. Mengenai perbandingan investasi-asuransi, biasanya tergantung keputusan pemegang polis.

Selain beberapa keuntungan diatas, asuransi juga memiliki beberapa kelemahan-kelemahan, antara lain:

  1. Premi kita akan hangus bila tidak terjadi klaim sampai jangka waktu asuransi habis.
    Ini yang seringkali membuat orang enggan berasuransi. Uang saya kemana?. Nah, untuk menjawabnya, kita harus kembali pada tujuan utama membeli asuransi memindahkan resiko. Nasabah asuransi memindahkan resiko rugi pada perusahaan dan mendapat imbalan berupa rasa aman. Nah, rasa aman itulah yang dibayarkan dengan premi. Jadi, bila asuransi jatuh tempo, uang yang kita bayarkan tidak akan kembali. Karena pada masa asuransi tersebut, sebetulnya kita telah membeli perlindungan.
  2. Lingkup Penanggulangan Resiko terbatas Potensi kerugian yang ditanggung perusahaan asuransi sangat terbatas pada resiko-resiko yang dapat diukur nilai ekonomisnya. Selain itu, asuransi hanya akan membayar bila kita mengalami kerugian akibat kejadian yang tercantum pada polis. Bila kita membeli asuransi kebakaran, tentunya kita tidak akan mendapat santunan bila rumah kita rusak karena gempa bumi

Kilas Asuransi Allianz Group

Allianz merupakan salah satu perusahaan terbesar yang berada di banyak tempat di dunia, bergerak di bidang layanan asuransi dan manajemen aset. Allianz berdiri pada tahun 1890 di Jerman dan merupakan perusahaan yang sangat berpengalaman dan mempunyai posisi finansial yang kuat. Saat ini Allianz beroperasi di lebih dari 70 negara di seluruh dunia dan melayani lebih dari 76 juta nasabah di seluruh dunia. Allianz memberikan perlindungan dan pelayanan kepada nasabah, dimana separuh dari nasabah tersebut termasuk dalam kategori perusahaan Fortune 500.

Di tahun 2010, Allianz Group berhasil membukukan total pendapatan lebih dari 106,5 milyar euro. Allianz merupakan perusahaan manajemen aset terbesar dengan aset pihak ketiga yang dikelola sebesar 1.164 milyar euro pada akhir 2010.

Pada September 2006, kesepakatan merger telah ditanda tangani antara Allianz AG dan RAS Holding S.p.A, dan kemudian Allianz AG merubah namanya menjadi Allianz SE (Societas Europaea) suatu perusahaan Eropa. Menyusul prosedur pendaftaran di Itali dan Jerman, pada 16 Oktober 2006 Allianz SE resmi menjadi perusahaan pertama yang terdaftar di DJ EURO STOXX 50 Index.

Allianz di Indonesia

Allianz hadir sejak tahun 1981 melalui kantor perwakilannya di Jakarta. Tahun 1989, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia resmi beroperasi memberikan pelayanan di bidang asuransi umum. Di tahun 1996, Allianz melengkapi pelayanan asuransinya di Indonesia dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun. Pada tahun 2006, kedua perusahaan memulai bisnis asuransi Syariah.

Di tahun 2007, Allianz Indonesia memperkenalkan Allianz Center sebagai sebuah konsep One Stop Solutions, dimana nasabah & agen Allianz bisa mendapatkan pelayanan asuransi  kami di satu tempat. Allianz Center telah beroperasi di Jakarta, Surabaya, Bandung dan Denpasar.

Kini, bersama-sama, Allianz Indonesia hadir di 44 kota dengan 80 titik pelayanan, didukung oleh lebih dari 14,000 agen, dengan sekitar 1,000 karyawan dan mitra perbankan yang solid untuk melayani nasabah kami. Allianz Indonesia memberikan solusi asuransi dari A – Z.

Pada tahun 2010, Allianz Indonesia yang terdiri dari Allianz Utama dan Allianz Life Indonesia mencetak total premi bruto (Gross Written Premium/GWP) sebesar Rp 5,6 trilyun. Saat ini, Allianz Indonesia menjadi salah satu pemimpin pasar yang dipercaya melayani lebih dari 1,8 juta nasabah baik dari individu maupun grup.

Allianz Indonesia menawarkan berbagai produk asuransi diantaranya :

Asuransi Individu ;                       Asuransi Korporasi :

Asuransi Jiwa,                               Asuransi Dana pensiun

Suransi Kesehatan,                        Asuransi Anployee benefit

ASURANSI JIWA

  • Smart Flexi Account

Harapan setiap orang adalah hidup aman, nyaman dan sejahtera bersama orang-orang tercinta. Diperlukan perencanaan yang matang untuk memenuhinya, mulai dari rencana pendidikan si kecil, berlibur atau perjalanan ibadah, dana tak terduga sampai dana di masa tua.

Kini impian Anda dapat terwujud dengan program Smartlink Flexi Account Plus, suatu program asuransi yang memberikan kenyamanan perlindungan jiwa dan hasil investasi yang maksimal.

Apa saja manfaat yang diberikan Smartlink Flexi Account ?

  • Manfaat Perlindungan Jiwa

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. Program ini menawarkan perlindungan jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun. Sesuaikan besarnya perlindungan dengan kebutuhan Anda. Pastikan keluarga mendapatkan yang terbaik sekalipun saat Anda harus meninggalkan mereka. Anda pun bisa memaksimalkan perlindungan jiwa bagi Anda dan keluarga dengan pilihan pertanggungan tambahan yang komprehensif.

  • Manfaat Investasi

Untuk memaksimalkan Investasi Anda, sejak tahun pertama kami memberikan Nilai Investasi yang positif dan selanjutnya, Anda dapat menggunakan Nilai Investasi yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan finansial sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Pilihan Dana Investasi

Dalam produk asuransi jiwa dikaitkan dengan investasi (unit-linked) premi yang Anda bayarkan akan dialokasikan untuk membeli unit-unit investasi, dimana dalam menginvestasikan unit-unit tersebut Anda bebas tentukan jenis dana investasi.Saat ini ada 4 pilihan jenis dana investasi khusus untuk produk Allianz SmartLink:

Saat ini ada 4 pilihan jenis dana investasi khusus untuk produk Allianz SmartLink:

> Smartlink Rupiah Money Market Fund

> Smartlink Rupiah Fixed Income Fund

> Smartlink Rupiah Balanced Fund

> Smartlink Rupiah Equity Income Fund

> Smartlink Rupiah Balanced Plus Fund

 

 

 

  • Allianz SmartLink.

Produk asuransi jiwa ini memberikan Anda perlindungan jiwa sekaligus kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan investasi dari polis asuransi jiwa yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Anda dapat menambahkan manfaat dari asuransi jiwa tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Pasar yang mungkin tidak dapat Anda masuki sebagai investor tunggal kini juga terbuka untuk Anda.

  • New Flexi Account

Sebuah produk Unit link yang kompetitif dengan cara pembayaran premi berkala yaitu bulanan, kuartalan, semesteran dan tahunan. Merupakan produk yang fleksibel dimana Anda dapat menambah dana kapan saja dan dapat ditambahkan dengan riders atau asuransi tambahan untuk mendapatkan perlindungan yang lebih luas.

Pilihan Dana Investasi

Dalam produk asuransi jiwa dikaitkan dengan investasi (unit-linked) premi yang Anda bayarkan akan dialokasikan untuk membeli unit-unit investasi, dimana dalam menginvestasikan unit-unit tersebut Anda bebas tentukan jenis dana investasi.Saat ini ada 5 pilihan jenis dana investasi khusus untuk produk Allianz SmartLink:

> Smartlink Rupiah Cash Fund / Money Market Fund

> Smartlink Rupiah Fixed Income Fund

> Smartlink Rupiah Balance Fund

> Smartlink Rupiah Equity Fund

> Smartlink US Dollar Managed Fund

> Smartlink Balance Plus Fund

Allianz Life Indonesia melakukan kerjasama dengan Bank Muamalat untuk menjangkau masyarakat yang menjadikan perlindungan Asuransi secara syariah sebagai prioritas mereka.

Produk yang dipasarkan melalui telemarketing adalah:

  1. M AlliSya Accident Protection

Membayarkan santunan tunai jika nasabah meninggal dunia karena kecelakaan. Pilihan plan santunan tunai mulai dari Rp 300 juta hingga Rp 2 milyar.

  1. M Allisya Hospital Income

Membayarkan santunan harian jika nasabah dirawat inap di RS dan tambahan santunan tunai jika nasabah melakukan pembedahan. Pilihan plan santunan harian mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1 juta per hari.

  1. M Allisya Care Income

Membayarkan santunan tunai jika nasabah terdiagnosa pertama kali salah satu dari 5 penyakit kritis yaitu serangan jantung, kanker, stroke, gagal ginjal dan penyakit jantung serius lainnya. Pilihan plan santunan tunai mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 400 juta.
Sedangkan Penjualan lewat kantor cabang Muamalat adalah:


Manfaat Utama:

  1. Manfaat Asuransi Jiwa apabila Tertanggung meninggal dunia
  2. Manfaat Hasil Investasi yang dapat diambil sesuai ketentuan polis atau pada akhir kontrak apabila Tertanggung tetap hidup di akhir kontrak

Manfaat Tambahan:

  1. Santunan penyakit kritis (49 jenis)
  2. Santunan Cacat atau Meninggal akibat kecelakaan
  3. Santunan harian apabila dirawat/menjalani pembedahan di rumah sakit
  4. Pembebasan premi / top up apabila pemegang polis menderita

penyakit kritis atau meninggal dunia

Asuransi Umum

Allisya Rumah

Home sweet home. Cakupan sempurna untuk rumah tinggal Anda.

Rumah Anda adalah tempat di mana semua anggota keluarga berkumpul setiap hari. Melindungi rumah Anda dari kondisi yang tidak menguntungkan yang mungkin terjadi tiba-tiba merupakan salah satu cara untuk berterima kasih kepada Tuhan atas apa yang telah Ia berikan kepada kita.

Allisya Rumah menawarkan perlindungan asuransi yang komprehensif dan terjangkau untuk rumah tinggal terhadap risiko:

- Api, Petir, Ledakan, Pesawat Jatuh, Asap (FLEXAS)

- Kerusuhan, Pemogokan Kerusakan, berbahaya (RSMD)

- Dampak Kendaraan

- Terorisme & Sabotase

- Pencurian & Pencurian

- Kerusakan Accidental

- Gempa Vulkanik & Letusan

- Banjir, angin topan, badai, Air Kerusakan (FWTWD)


Allisya Mobil

Allisya Mobil menawarkan cakupan yang komprehensif untuk mobil pribadi Anda, solusi total untuk asuransi mobil Anda dengan tingkat premi yang kompetitif.

- Tarif khusus untuk mobil baru

Allisya Mobil Emas

Allisya Mobil Emas melindungi mobil dengan harga antara Rp 500 juta menjadi Rp 2 biliion hingga 5 tahun dengan tingkat premi tetap dan dapat diperpanjang sampai tahun ke-7 dengan cakupan sebagai berikut:

- Komprehensif

- Pemogokan, Kerusuhan, Commotion Sipil, Terorisme & Sabotase (SRCCTS)
– Banjir

- Pihak Ketiga Kewajiban (TPL) / Kewajiban Penumpang Hukum (PLL)

- Personal Accident bagi Pengemudi dan Penumpang

- Biaya Medis akibat kecelakaan di jalan

- Biaya Ambulans

- Baru untuk Lama untuk klaim Total Loss

- Salvage dan fasilitas Pemulihan

Allisya Mobil Perak

Meliputi semua mobil dengan tingkat premi tetap sampai dengan 10 tahun dan dapat diperpanjang sampai dengan 12 tahun dengan cakupan sebagai berikut:
– Rugi Komprehensif atau Total Hanya

- Pemogokan, Kerusuhan, Commotion Sipil, Terorisme & Sabotase (SRCCTS)

- Banjir

- Pihak Ketiga Kewajiban (TPL) / Kewajiban Penumpang Hukum (PLL)-batas lebih rendah dari Allisya Mobil Emas.

- Personal Accident bagi Pengemudi dan Penumpang-batas lebih rendah dari Allisya Mobil Emas.
– Biaya Medis akibat kecelakaan jalan-batas lebih rendah dari Allisya Mobil Emas.
Allisya Usaha

Kami menawarkan dua paket yang sesuai kebutuhan Anda, Allisya Usaha dan AlliSya Kantor
Allisya Usaha

Pekerjaan:
Kantor, Toko, gudang Pribadi, toko Telekomunikasi, Konveksi, toko Farmasi, toko peralatan optik, studio Fotografi dan banyak lagi ..

Tertanggung objek:

Bangunan, Furnitures, Saham, bahan baku, Mesin

Konstruksi Bangunan:

Kelas 1 konstruksi (terbuat dari beton dan baja)

Cakupan:
– Api, Llightning, Ledakan, Pesawat Jatuh, Asap (FLEXAS)

- Kerusuhan, Pemogokan Kerusakan, berbahaya (RSMD)

- Dampak kendaraan

- Commotion Sipil

- Banjir, angin topan, badai, Kerusakan Air

- Pencurian & Accidental Damage

- Kehilangan Laba akibat Gangguan Bisnis

AlliSya Kantor

AlliSya Kantor melindungi kantor Anda yang terletak di bangunan tinggi kantor, Apartemen, Hotel, Rumah-kantor (Rukan).

Cakupan:
– Api, Llightning, Ledakan, Pesawat Jatuh, Asap (FLEXAS)

- Kerusuhan, Pemogokan Kerusakan, berbahaya (RSMD)

- Commotion Sipil

- Banjir, angin topan, badai, Kerusakan AirFoto2090 Foto2089 formulir allianz

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s